Jumat, 21 Desember 2012

Artikel


1.      Ide pokok = Asas Kunci kimbingan dan Konseling

hal yang merupakan asas terpenting dari bimbingan dan konseling adalah asas kerahasiaan. segala sesuatu yang dibicarakan klien kepada konselor tidak boleh disampaikan kepada orang lain terlebih untuk hal-hal yang tidak layak diketahui orang lain. Asas kerahasiaan ini merupakan asas kuncidalam bimbingan dan konseling. Jika asas ini benar-benar dilaksanakan, maka penyelenggaraan akan mendapatkan kepercayaan dari semua pihak terutama penerima bimbingan klien sehingga mereka akan mau memanfaatkan jasa bimbingan dan konseling dengan sebaik-baiknya.

2.       Ide pokok = Tanggung Jawab Konselor di Sekolah

Konselor adalah tenaga ahli dalam bidang pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor inilah yang mengendalikan dan sekaligus melaksanakan berbagai layanan dan kegiatan bimbingan dan konseling menjadi tanggung jawabnya. Konselor tidak hanya berhubungan dengan peserta didik atau siswa saja melainkan juga dengan berbagai pihak seperti, guru-guru, konselor, dan personal sekolah lainnya. Yang dapat secara bersama-sama menunjang pencapaian tujuan konseling di sekolah tersebut.

3.       Ide pokok = Langkah penyelesaian masalah yang baik

Upaya penyelesaian masalah pada dasarnya dilakukan secara perorangan, sebab setiap masalah adalah unik. Masalah-masalah yang diderita oleh individu yang berbeda tidak boleh disamaratakan . Oleh karena itu penanganannya pun harus secara unik terhadap kondisi masing-masing individu . untuk itu konselor perlu memiliki ketersediaan berbagai bahan dan keterampilan untuk menangani berbagai masalah yang beranekaragam itu.

4.       Ide pokok = Sikap dasar meruupakan awal dari pengembangan yang optimal

Sikap dasar  pekerjaan bimbingan itu adalah individu merupakan hal yang sangat penting,tentang adanya kesulitan yang dihadapinya dalam rangka perkembangan yang optimal. Sehingga mereka dapat memahami diri dan bertindak serta bersikap sesuai dengan tuntutan-tuntutan dan keadaan lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Pada hakikatnya setiap individu mempunyai perbedaan yang satu sama lain, ini dapat mempengaruhi dari cara berfikir, cara berperasaan, dan cara menganalisis masalah. Bilamana klien menyampaikan informasi atau berbicara tentang masalah yang tidak ada kaitannya dengan kesulitan yang sedang di konsultasikan, maka konselor harus membawanya ke masalah yang sedang dihadapi, oleh karena itu konselor harus arif dan bijaksana dalam memecahkan masalah yang dialami oleh setiap klien.

5.      Ide pokok = Alasan sekolah memerlukan BK

Alasan diperlukannya BK di sekolah yaitu, Sekolah merupakan lingkungan hidup setelah rumah, siswa yang masih muda masih memerlukan bimbingan. Dan juga BK diperlukan merujuk kepada guru di sekolah yaitu, mengembangkan dan memperluas pemahaman guru tentang afektif, mengembangkan emosional guru, mengembangkan efektivitas belajar, dan mengatasi masalah-masalah guru dalam menjalankan tugas Mengatasi kesulitan dalam belajarnya.  Selain itu tujuan dari bimbingan dan konseling yaitu, Mengatasi kebiasaan yang tidak baik, Mengatasi kesulitan yang berhubungan dengan jasmani dan rohani, Mengatasi kesulitan kelanjutan studi, dan pekerjaan setelah tamat sekolah, Mengatasi kesulitan yang berhubungan dengan emosional,sosial baik di sekolah maupun di masyarakat, dan lain sebagainya.

6.       Ide pokok = Konselor dapat mengalihkan masalah diluar ilmunya.

Apabila konselor tidak dapat menyelesaikan masalah yang dialami klien dia dapat mengalihkan ke orang yang lebih ahli dalam menyelesaikan masalah klien. Dismping itu konselor hanya menangani masalah-masalah individu sesuai dengan kewenangan petugas yang bersangkutan . dan juga bimbingan dan konseling hanya memberikan penyelesaian kepada individu yang sehat jasmani dan rohani dan bekerja dengan kasus-kasus yang terbebas dari masalah-masalah  kriminal maupun perdata.

7.       Ide pokok = Konselor harus dapat memahami klien

Pemahaman konselor terhadap klien digunakan agar konselor mengetahui beratnya masalah yang dihadapi klien.pemahaman konselor terhadap terhadap klien dipergunakan oleh konslor baik secara langsung membantu klien dalam pelayanan bimbingan dan konseling lebih lanjut, maupun seagai bahan acuan utama dalam rangka kerja sama dengan pihak-pihak lain dalam membantu klien. Bagi konselor, upaya mewujudkan fungsi pemahaman merupakan tugas paling awal dalam setiap kali penyelenggaraan pelayananbimbingan dan konseling terhadap individu tertentu.

8.       Ide pokok = Pentingnya asas dalam pelayanan bimbingan dan konseling

Asas dipakai agar konselor atau guru pembimbing mengikuti kaidah-kaidah yang menjamin efisien dan efektivitas proses konseling. Apabila asas-asas bimbingan dan konseling dapat terselenggara dengan baik sangat dapat diharapkan proses pelayanan mengrah pada pencapaian tujuan yang diharapkan. Namun sebaliknya apabila asas-asas itu diabaikan dan dilanggar dapat di khawatirkan  kegiatanyang terlaksana itu justru berlawanan dengan tujuan bimbingan dan konseling.

9.       Ide pokok = Psikologi merupakan bagian dari landasan bimbingan dan konseling

Bimbingan dan konseling merupakan suatu proses psikologis. Maknanya situasi bimbingan dan konseling merupakan muatan-muatan psikologis yang mempelajari tingkah laku manusia.oleh sebab itu, landasan psikologis dalam bimbingan dan konseling mempersoalkan prilaku individu yang menjadi sasran dari layanan bimbingan dan konseling.

10.   Ide pokok = Kaitan budaya dengan proses konseling

Budaya merupakan hal yang sangat berperan dalam hal kepantasan yang dilakukan manusia. Manusia sebagai makhluk yang membutuhkan orang lain dan perpaduan antara interaksi manusia itulah yang menghasilkan sebuahnkebudayaan. Oleh lartena itu konselor dalam memberikan nasihat dan masukan kepada klien harus sesuai dengan budaya yang ada, agar hal tersebut tidak berlawanan dengan kehendak klien sehingga klien dapat dengan mudah menyelesaikan masalahnya yang tidak menyimpang dari kebudayaan yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar