Sabtu, 22 Desember 2012

Makalah Tentang Persiapan Observasi Sekolah


BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      Latar belakang
Melakukan kunjungan kesekolah merupakan bagian dari tugas yang harus dilakukan dalam menjalankan tugas mengenai bimbingan dan konseling dalam prakteknya di sekolah-sekolah. Sehingga sangat memerlukan bantuan dalam hal pesiapan-persiapan sebelum melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah
Sebelum melakukan kegiatan apapun ada baiknya untuk menyusun kerangka atau design persiapan agar kegiatan yang akan dilakukan terarah dan berjalan lancar atau sesuai dengan tujuan yang akan dicapai,begitu juga dengan kegiatan studi lapangan banyak hal yang harus dipersiapkan agar tujuan dari kegiatan itu dapat terlaksana dengan baik.

1.2.      Tujuan
·           Untuk mengetahui langkah-langkah persiapan studi lapangan
·           Untuk mengetahui apa yang perlu disiapkan sebelum melakukan kegiatan studi lapangan dan bagaimana cara melakukan kegiatan agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
·           Untuk mengetahui hal-hal yang sangat diperlukan demi kelancaran dalam melakukan observasi lapangan.

1.3.      Rumusan masalah
·         Apa saja langkah-langkah perencanaan persiapan studi lapangan tentang pengelolaan program bimbingan dan konseling di sekolah?
·         Apa saja yang harus dipersiapkan dan Bagaimana melakukan kegiatan perencanaan persiapan studi lapangan agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan?




BAB II
PEMBAHASAN

1.1.   Langkah-langkah persiapan studi lapangan.
·         Tahap awal persiapan
1.    Menentukan ketua kelompok
Hal ini sangat penting karena ketua kelompok dapat mengontrol dan mengatur anggota kelompok sehingga terbentuklah kelompok yang kompak dan dapat berjalan dengan baik dan dapat mencapai tujuan dalam melakukan kunjungan ke sekolah.
2.     Menentukan sekolah
Hal ini sangat penting karena apabila kita telah menentukan sekolah yang akan dituju sehingga kita dapat mempersiapkan dan mencari informasi mengenai sekolah yang akan dituju.
3.     Mempersiapkan surat izin studi lapangan
Dalam hal ini surat menyurat sangat penting karena akan sangat membantu dalam memasuki sekolah yang kita pilih
4.     Menetukan metode yang akan digunakan
5.     Menentukan waktu untuk mengantar surat izin ke sekolah

·         Persiapan alat dan bahan
1.      Materi wawancara
2.      Angket yang diberikan kepada siswa maupun guru pembimbing
3.      Buku dan alat tulis
4.      Alat perekam
Alat ini berguna untuk menganalisis kembali hasil wawancara dan sebagai arsip dalam membut laporan
5.      Kamera

·         Perencanaan
1.      Hal-hal yang akan dilakukan saat studi lapangan
2.      Pembagian tugas individu dalam anggota kelompok

·         Perencanaan biaya
1.      Biaya Transportasi
2.      Biaya tak terduga

1.2.   Pelaksanaan kegiatan studi lapangan

1.     Persiapan sebelum melakukan studi lapangan
Sebelum melakukan kegiatan observasi ke sekolah SMP/SMA ada beberapa hal yang perlu di persiapkan seperti surat izin studi lapangan dari fakultas/DIKNAS,alat dan bahan kegiatan studi lapangan,dan anggaran biaya yang di perlukan.
2.      Mendatangi sekolah yang sudah ditentukan mengantarkan surat izin studi lapangan.
Persiapan selesai barulah ketua kelompok mendatangi sekolah yang akan menjadi tempat studi lapangan untuk mengantarkan surat izin kegiatan.
3.     Menemui guru pembimbing.
setelah mendapat izin dari pihak sekolah barulah dapat menemui guru pembimbing yang ada di sekolah tersebut untuk membicarakan kapan tepatnya dapat dilaksanankan studi lapangan yang akan di lakukan di sekolah tersebut.
4.      Melakukan observasi dan wawancara.
Pada waktu yang sudah ditentukan seluruh anggota kelompok dapat melakukan kegiatan studi lapangan baik melalui metode  wawancara maupun metode observasi yang dibantu oleh guru pembimbing yang ada di sekolah mengenai bagaimana penyusunan sampai pengelolaan program bimbingan konseling yang ada di sekolah tersebut.
5.     Membuat laporan hasil studi lapangan.
Setelah  observasi dan wawancara selesai,hasil dari studi lapangan tersebut dianalisis dan dibuat dalam bentuk laporan tertulis.










BAB III
PENUTUP
5.1.   Kesimpulan
Sebelum melakukan studi lapangan di sekolah kita harus mempersiapkan banyak hal meliputi : Menentukan ketua kelompok, Menentukan sekolah, Mempersiapkan surat izin studi lapangan, Menetukan metode yang akan digunakan, Menentukan waktu untuk mengantar surat izin ke sekolah. Dan selanjutnya kita juga mempersipkan alat dan bahan dalam melakukan observasi di sekolah yang akan kita datangi.
5.2.   Saran
·         Sebaiknya sebelum melakukan observasi kita membuat persiapan yang matang. Baik dalam hal peralatan maupun biaya yang diperlukan.
·         Dalam melakukan observasi lapangan diharapkan kita mempersipkan administrasi yang berupa surat izin agar memudahkan kita dalam melakukan observasi.

0 komentar:

Poskan Komentar